Wednesday 15 May 2013

Kemah Bhakti




Tanggal 11 - 12 November 2012 Sentraya Bhuana mengadakan kegiatan "Kemah Bhakti Berbagi Untuk Sesama" dalam rangka memperingati ulang tahun Sentraya Bhuana yang ke 33 yang jatuh pada tanggal 9 September. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Solo. 




Mengapa kegiatan tersebut dilakukan di Sangkrah..??
Karena menurut survey yang dilakukan di Kelurahan Sangkrah, dilihat dari kondisi lingkungan terutama sungai. Kita bisa melihat kondisi sungai disana yang terkontaminasi limbah pabrik dan sampah rumah tangga. Kita juga perlu menjaga kesadaran masyarakat di sekitar sungai akan pentingnya menjaga sungai tetap bersih. Selain itu juga tak kalah penting mengajarkan tentang peduli terhadap lingkungan sejak dini, karena tanpa adanya dukungan dari masyarakat Sangkrah dan sekitarnya serta tanpa adanya kesadaran itu maka tidak akan tercapai lingkungan yang sehat.
Lalu apa saja kegiatannya……???
Ada serangkaian kegiatan yang diadakan dibeberapa titik di sekitar Sangkrah. Kita tidak hanya melibatkan masyarakat Sangkrah saja, tapi kita juga mengajak teman-teman di fakultas Sastra Seni Rupa UNS dan Komunitas Peduli Lingkungan Anak Gunung Lawu  untuk berpartisipasi sebagai pahlawan kebersihan.
-          Donor Darah
Donor darah yang diadakan di stasiun kota Sangkrah, kita bekerja sama dengan PMI Solo
-          Seminar Kesehatan dan Lingkungan Hidup “ Sungai Sebagai Teras Rumah “
Memberikan pengertian kepada masyarakat khususnya para ibu-ibu dan karang taruna pentingnya menjaga kesehatan lingkungan dan merubah mindset masyarakat tentang sungai sebagai teras rumah bukan di belakang rumah.
-          Bhakti Sosial
Bhakti Sosial kita berupa bagi-bagi buku di SD Cokroaminoto 2 Kelurahan Sangkrah.
Pembagian Tempat Sampah ( Organik NonOrganik) dibeberapa titik di kelurahan Sangkrah.
-          Bhakti Lingkungan
Bersih sungai yang ada di samping kelurahan Sangkrah dan di pintu air Demangan.
Pembuatan Biopori yang berfungsi sebagai resapan air sekaligus sebagai pembuatan pupuk organic.

-          Apresiasi Budaya
Karena Sentraya Bhuana  di bawah naungan fakultas Sastra dan Seni Rupa yang menjunjung tinggi akan nilai-nilai budaya maka kita memberikan edukasi akan pentingnya mencintai lingkungan yang dikemas dalam bentuk pertunjukan kesenian bertempat di Stasiun Kota Sangkrah, berupa :, Teatrekal tentang pentingnya menjaga lingkungan yang dibawakan oleh Teater Tesa, ketoprak yang bertemakan lingkungan dibawakan oleh Wiswakarman , dan terakhir Wayang Eling (wayang lingkungan) yang dibawakan oleh Mbah Lawu.
Performance by Teater Tesa

Performance by Teater Tesa
Performance by mbah Lawu

Suasana malam Apresiasi Budaya di stasiun kota

Suasana malam Apresiasi Budaya di stasiun kota

                         

Para Panitia dan Partisipan

No comments:

Post a Comment