Wednesday 15 May 2013

Pendidikan Pemantapan Diksar 26 ( RC + Caving )



Catatan jurnalistik Ella
DIKTAP 26 (  RC + Caving )
          
          Salah satu kegiatan  pendidikan  pemantapan untuk anggota muda Sentraya Bhuana yaitu caving ( susur gua ) dan RC ( Rock Climbing). Kedua  kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5-7 April 2013 kemarin. Lokasi untuk caving yaitu gua Libeng, gunung Kidul dan untuk RC sendiri berada di pantai Siung gunung Kidul. Kami berangkat pada sore hari dari secretariat menggunakan sepeda motor. Perjalanan dari Solo ke lokasi memakan waktu kurang lebih 3 jam. Kami tiba di Basecamp pukul 19.05 WIB.
          
        Sabtu 6 April 2013 kegiatan caving dilaksanakan. Kami berangkat dari Basecamp sekitar pukul 7 lebih menggunakan sepeda motor. Jalan yang kami lalui cukup sulit  karena jalan setapak yang sudah mulai rusak juga jalan yang naik turun. Setelah sampai dilokasi kami masih harus berjalan lagi karena jalan yang tidak mungkin dilalu motor. Sesampainya di gua, kami mulai melakukan Rigging, dan tak lupa untuk membuat backup berjaga-jaga apabila anchor utamanya rusak. Selesai membuat Rigging, satu persatu dari kami mulai menuruni gua karena gua kali ini adalah gua vertical, kami menggunakan tehnik SRT, tinggi gua sekitar 6 meter. Keadaaan gua yang sangat gelap membuat beberapa dari kami sedikit takut. Setelah itu kami menyusuri gua secara berkelompok. Kami mempraktekkan beberapa tehnik berjalan di gua seperti clucking, merangkak, karena area gua yang sempit dan rendah. Ornament-ornamen gua yang sangat indah membuat kami takjub melihatnya. Seperti stalakmit, sedastraw. Keadaaan gua yang berair sedikit membuat kami was-was akan kedalaman air tersebut. Selesai melakukan susur gua, kami pun naik kembali keatas secara bergantian. Setelah itu kami checklist alat-alat agar tidak ada yang tertinggal. Kegiatan caving selesai dan kami kembali ke basecamp dan sampai sektar pukul 18.00 WIB.
        
           Hari kedua, Minggu 7 April 2013 kegiatan berlanjut di pantai Siung untuk melakukan Rock climbing. Kami  berangkat cukup pagi yaitu pukul 06.00 dan seperti biasa kami mengendarai motor. Sesampainya di sana, kami terlebih dahulu melakukan senam pagi sembari menunggu para instruktur selesai menginstal peralatan untuk Rock climbing. Setelah selesai kami pun mulai mengantri untuk memanjat. Rock Clmbing disini menggunakan tehnik Click runner. Hanya beberapa dari kami yang sampai “ Top “ dan beberapa dari kami sempat terjatuh seperti saya dan Cici. Yang terjatuh hingga posisi kepala di bawah, itu karena posisi tali yang masih berada diatasnya tapi belum sempat mencapai quick draw  yang ketiga dan sudah terjatuh terlebh dahulu. Tebing yang licin akibat lumut dan sedkit tajam juga menjadi tantangan tersendiri bagi kami.
          
          Sebenarnya setelah Rock Climbing ( tehnik click runner ) selesai dilanjutkan  rock climbing dengan tehnik Bottom Rope, akan tetapi keadaan mendung hujan membuat kami membatalkannya, sehingga para instruktur meng-cleaning peralatan dan menuju basecamp di pantai Sembari menunggu hujan reda , kami bermain d pantai. Hujan reda kami pun menuju Basecamp utama. Sesampainya di basecamp kami istrahat sejenak kemudian melakukan checklist peralatan dan kemudian packing. Pukul 17.35 WIB kami pulang menuju Solo.   

4 comments: